Laman

PENGERTIAN AKUNTANSI

Posted by akuntansionline on Sabtu, 18 Februari 2012


 
Grafik diatas menjelaskan pengertian Akuntansi. Akuntansi merupakan suatu sistem informasi keuangan. Sama halnya dengan pengertian sistem, akuntansi disini mengolah input untuk menghasilkan output. Input disini adalah transaksi-transaksi keuangan (baik transaksi secara tunai maupun kredit) yang terjadi sehari-hari; dan output nya adalah informasi keuangan (berupa laporan keuangan internal dan eksternal).    

Dalam mengolah input diatas, secara garis besar akuntansi menggunakan tiga prosedur, yaitu:
1.Pencatatan
   Pada tahap ini, semua transaksi yang terjadi di catat di dalam jurnal dalam bentuk akun-akun.
2.Klasifikasi
   Pada tahap ini, catatan tersebut (jurnal) dikelompokkan berdasarkan kesamaan sifat atau karakter akun.
3.Ikhtisar
   Pada tahap ini, catatan (jurnal) yang telah dikelompokkan akan disimpulkan sehingga menggambarkan nilai yang sesungguhnya dari masing-masing akun yang akan dilaporkan dalam laporan/informasi keuangan.
4.Pelaporan
  Pada tahap pelaporan, akun-akun yang telah dikelompokkan tadi akan disajikan ke dalam bentuk laporan.  Bentuk dan format laporan disini dibuat berdasarkan kebutuhan informasi keuangan. Ada laporan untuk memenuhi kebutuhan informasi pihak internal (laporan internal) - manajemen perusahaan; dan ada juga laporan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi pihak eksternal (laporan eksternal) - kreditor, investor, dan masyarakat.

Jadi, kesimpulan dari pengertian akuntansi adalah sekumpulan prosedur yang bertujuan untuk mengolah input berupa transaksi keuangan menjadi output berupa informasi keuangan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar